Tips Menerapkan Psikologi Warna Dalam Desain Kemasan

Saat kamu akan membuat desain packaging, perlu kamu perhatikan preferensi warna konsumen.  Hal itu bisa dilihat berdasarkan usia,jenis kelamin dan budaya. Warna Kemasan mempengaruhi berbagai aspek dalam pemasaran. Oleh karena itu menerapkan psikologi warna bisa membantu permasalahan ini.

Banyak pengusaha maupun perusahaan besar yang mempertimbangkan secara serius pemilihan warna kemasan dan logo branding produk. Maka dari itu, penerapan psikologi warna harus dilakukan karena mempengaruhi branding produk dan marketing. Dengan pemilihan warna yang tepat, akan berdampak pada ketertarikan konsumen terhadap suatu produk.

Bahkan, jika produknya sama tetapi dikemas dan diberi sentuhan warna yang berbeda dapat menghasilkan persepsi berbeda. Sehingga, pemilihan warna dan kombinasi warna bisa jadi pertimbangan saat akan membuat desain kemasan dan logo. Setiap konsumen memiliki persepsi warna yang berbeda, jadi kamu harus jeli dalam memilihnya. Jangan lupa tujuan kamu adalah membuat pesan visual tersampaikan pada semua orang dengan efektif. Dalam psikologi setiap warna memiliki arti masing-masing.

contoh warna kemasan menarik

contoh warna kemasan yang menarik

Berikut ini beberapa makna warna dalam pembuatan kemasan produk:

  1. Merah

Warna ini menimbulkan ketertarikan mata yang sedang memandang dan memberikan efek semangat. Secara umum warna merah dipakai buat desain kemasan makanan, karena dipercaya dapat mendorong selera makan. Tidak hanya itu, warna merah bisa juga diterapkan pada website, dapat digunakan pada panel call atau ikon penjualan.

  1. Kuning

Makna warna kuning adalah membawa kehangatan dan kebahagiaan.Melalui desain logo, kamu bisa memakai warna kuning untuk mencitrakan diri sebagai produk/ layanan yang ramah pada semua pelanggan. Pada umumnya warna ini digunakan untuk membranding perusahaan mainan, makanan dan wahana bermain.

  1. Biru

Warna biru dapat memiliki arti kwyakinan, wibawa, kekuatan, konservatif, kepercayaan, kemanan dan stabilitas. Warna ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis produk. Biasanya biru digunakan untuk desain kemasan produk minuman, karena identik dengan laut dan kesegaran.

  1. Merah Muda

Warna merah muda atau pink memiliki efek menenangkan, namun pada umumnya juga digambarkan sebagai warna feminim. Warna ini berkaitan dengan difat lembut dan kasih sayang. Biasanya warna pink digunakan kemasan produk kecantikan, pakaian wanita dan sepatu.

  1. Hitam

Hitam mempunyai arti yang melambangkan kemakmuran , keanggunan dan kecanggihan. Elemen warna apapun jika dikombinasikan dengan warna ini akan terlihat menarik. Kemasan dengan warna ini biasanya digunakan untuk produk-produk yang digunakan oleh pria.

psikologi warna kemasan

Apapun warna yang kamu gunakan akan terlihat menarik jika dikombinasikan dengan tepat. Mau cetak kemasan sesuai keinginan?? Yuk langsung aja hubungi packaging.co.id. Kami berada di Jl.  Imogiri Timur KM 7, No. 66, Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. 55194. Kemudian, untuk layanan pemesanan melalui online dapat menghubungi: 081-6677-618 atau 0819-1402-7888.

Packaging.co.id menyediakan berbagai kemasan bisnis, seperti: paper bag makanan, shopping bag, tas kertas oleh-oleh, paper bag hotel, box fragile, box corrugated, box kue, box nasi, dus catering, kantong kertas foodgrade, dus bakery, dus tahu bakso, box fried chicken, standing pouch, box take away, paper tray, wrapping paper, box corrugated, tas kertas kraft, paper bag butik, tas kertas polos dan masih banyak lagi.

Sharing is Caring