4 Keutamaan Bulan Puasa

Keutamaan bulan puasa sangat banyak. Mulai dari diwajibkan puasa, dilipatgandakan amal, bulan dibukanya pintu surga hingga malam lailatul qadar.  Berikut ini packaging.co.id akan menguraikannya satu persatu, biar kamu makin tahu dan paham, simak yuk:

  1. Diwajibkan Berpuasa

Pada bulan ramadhan umat islam melaksanakan ibadah puasa. Dalam surat AL-Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman:” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Ibadah puasa tidak dilakukan oleh semua orang, yang diperbolehkan untuk melaksanakan puasa adalah mereka yang muslim, baligh, berakal dan mampu.

  1. Dilipatgandakannya Amal

Saat bulan puasa, Allah SWT melipatkan semua amal baik yang kita lakukan. Beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala antara lain dengan memperbanyak sedekah, melakukan shalat tarawih, tadarus, berdzikir dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, manfaatkan bulan ramadhan untuk memperbanyak ibadah.

keutamaan bulan puasa

  1. Bulan Dibukanya Pintu Surga

Salah satu keutamaan bulan ramadhan adalah pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu. Arti dari pintu surga dibuka secara kontekstual adalah Allah SWT membuka selapang-lapangnya amal ibadah manusia.  Kemudian, makna pintu neraka ditutup adalah agar mencegah perbuatan dosa dan kemaksiatan. Selain itu, Allah SWT juga membuka pintu maaf atas segala kekhilafan atau kesalahan manusia.

  1. Malam Lailatul Qadar

Salah satu malam yang paling ditunggu-tunggu saat bulan ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Dalam malam tersebut, kita bisa memperoleh keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan. Maka dari itu, kita perlu memperbanyak ibadah dibulan ramadhan, apalagi pada 10 hari terakhir bulan suci.

Itulah bebrerapa keutamaan bulan ramadhan yang patut kamu ketahui. Setelah mengetahui keutamaan-keutamaannya, pasti jadi semakin semangat menyongsong bulan suci tahun ini. Ramadhan kali ini akan tetap sama dengan sebelumnya, harus mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, jika kamu ingin beribadah di masjid atau berburu takjil, jangan lupa memakai masker dan selalu jaga kebersihan.  Ramadhan semakin berkesan dengan selalu menjaga kesehatan dan menebar kebaikan.