Kemasan dan Branding Mempengaruhi Keberhasilan Sebuah Produk

Bagian terluar yang membungkus sebuah produk disebut kemasan,manfaatnya adalah untuk menjaga kualitas barang tetap terjaga. Tak hanya itu, juga dapat mencegah kerusakan akibat benturan atau paparan debu dan dinar matahari. Sehingga, packaging merupakan salah satu komponen penting dari sebuah bisnis. Kemudian, apa sih pengertian branding?? Branding adalah suatu cara bisnis menanamkan citra baik dan positif terhadap konsumen agar melekat di benak mereka, melalui sebuah kemasan maupun promosi. 

Jika kedua hal tersebut dikombinasikan, maka akan membuat sebuah kolaborasi marketing yang dapat membantu keberhasilan sebuah produk. Jadi, bungkus dan branding merupakan dua hal yang saling melengkapi satu sama lain yang bisa meningkatkan promosi. Caranya gimana?? Yaitu melalui kemasan yang menarik dan informatif, dapat membantu branding bisnis kamu semakin maksimal. 

kemasan

Kemasan diharapkan mampu menyajikan desain yang mudah dipahami dan eye catching, sehingga pesan yang disampaikan bisa ditangkap oleh konsumen. Selain itu, juga dapat meningkatkan branding, karena konsumen akan lebih mudah mengingat produk.

Desain kemasan erat kaitannya dengan branding, oleh karena itu perlu menggunakan bentuk yang menarik, logo yang simple dan warna yang natural. Ketertarikan dan keingintahuan seseorang terhadap produk di pengaruhi oleh sebuah kemasan. Bahkan, hal pertama yang dilihat oleh konsumen adalah sebuah packaging yang menarik dan unik.

Berdasarkan kesiapan pakainya, terdapat 2 macam wadah, yaitu: siap pakai dan siap dirakit. Kemasan Siap pakai adalah yang sudah siap digunakan tanpa harus merakitnya terlebih dahulu. Misalnya, botol, kaleng, toples dan masih banyak lagi. Kemudian, packaging siap rakit adalah yang harus dirakit dahulu sebelum memakainya. Sehingga, sebelum menggunakannya, kamu harus merakitnya terlebih dahulu. Kira-kira kamu lebih suka yang mana??

Berdasarkan ulasan diatas, bisa disimpulkan bahwa keberadaan kemasan sangat penting dan dapat meningkatkan branding. Branding melalui packaging juga berfungsi sebagai pendukung promosi yang cukup efektif dan dapat membantu menaikkan penjualan. Oleh karena itu, perlu usaha extra agar kemasan dan branding bisa berjalan beriringan untuk menggiring konsumen melakukan pembelian. Jangan lupa, bikinnya di packaging.co.id, untuk tanya-tanya dan order bisa menghubungi: 081-6677-618