Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Produk Makanan

Kemasan ramah lingkungan atau eco friendly packaging sangat cocok digunakan untuk produk makanan. Kenapa?? Karena mudah terurai, bisa didaur ulang dan tidak berbahaya bagi makhluk hidup. Terlebih, saat ini bisnis kuliner kian menjamur, hampir diseluruh pelosok negeri. Oleh karena itu, perlu banget nih menggunakan kemasan jenis ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dan turut menjaga kebersihan lingkungan setiap harinya.

Buat para pelaku usaha, pasti tertarik dong menggunakan packaging jenis ini?? Nah berikut ini ide kemasan ramah lingkungan untuk produk makanan:

  • Kardus

Kemasan ini memiliki material yang bida diaur ulang dan mudah terurai. Ada dua macam kardus, yaitu bergelombang (flute) dan rata (paperboard). Biasanya yang menggunakan kardus, biasanya pizza, kue kering, pudding dan masih banyak lagi. Namun, bentuk kemasannya disesuaikan dengan bentuk produk, bukan yang besar banget itu ya :P.

  • Plastik dari singkong

Cassava bag atau plastik singkong ini teksurnya lebih halus dibandingkan plastik pada umumnya. Material dari kemasan ini berasal dari 98 % pati tapioka, 1 persep biopolimer dan 1 persen minyak nabati. Sehingga, bahan ini mudah terurai dan tidak mencemari tanah. Nah, buat pelaku UMKM yang mau ikut menjaga lingkungan dan mengurangi sampah, bisa loh pakai cassava bag ini.

Kemasan Makanan Jogja

  • Food container

Kemasan satu cocok digunakan untuk pengemasan makanan, bahkan bisa loh dipakai berulang kali dan dicuci. Tak hanya buat makanan aja, namun bisa juga digunakan untuk menyimpan sayuran, buah-buahan hingga sebagai wadah bekal. Kemudian, untuk bentuknya pun beragam dan ukurannya bervariasi.

  • Kemasan kraft coklat

Kardus terlalu tebal jika digunakan sebagai kemasan primer, nah kalau mau yang lebih tipis dan fleksibel bisa menggunakan kemasan kraft coklat. Biasanya material kraft coklat ini bisa digunakan  untuk kantong kertas, tas kertas, lunch box, box kosmetik, kantong obat dan masih banyak lagi.  

  • Paper Bowl 

Mau kemasan lingkungan yang unik dan juga tahan air?? Bisa loh menggunakan paper bowl sebagai andalan kamu. Tak hanya praktis dan menarik, namun juga memiliki tutup yang akan membuat makanan makin terlindungi. Biasanya sih digunakan untuk makanan kering maupun berkuah, seperti: olahan nasi, bakso, mie ayam, seblak, bubur dan masih banyak lagi.

Mantap kan, mau bentuk apa aja ada, tinggal menyesuaikan dengan jenis produk yang akan kamu bungkus nih. Kurangi pencemaran lingkungan dan sampah yang tidak mudah terurai dengan kemasan ramah lingkungan. Yuk, buat segera di packaging.co.id, kamu bisa langsung menghubungi kita melalui nomor: 081-6677-618