Revolusi Kemasan Makanan, Gimana Sih Sejarahnya?

revolusi kemasan makanan

Kemasan yang kamu gunakan saat ini terus berevolusi, bahkan terus menerus mengalami perbaikan dari masa ke masa. Semuanya dimulai dari zaman prasejarah, mereka menggunakan kulit binatang, dedaunan hingga pelepah pohon.

Wadah tersebut digunakan untuk melindungi makanan dan mempermudah saat membawanya. Setelah itu, bangsa Cina membuat beragam keramik yang digunakan untuk mengemas barang maupun benda cair pada 8000 tahun yang lalu. Kemudian, kemasan benar-benar mulai berevolusi pada tahun 1950an, ketika swalayan atau toko bermunculan. Packaging dituntut dapat diletakkan dan dapat menjual produk-produk di rak-rak toko. Namun, pada waktu itu kemasan hanya sebatas pembungkus dan pelindung produk serta media informasi kandungan makanan yang dikemas.

Revolusi Kemasan Makanan

Revolusi Kemasan Makanan

Selanjutnya, persaingan kemasan mulai dirasakan para pebisnis pada tahun 1980-an, dimana para produsen berlomba menarik perhatian calon konsumen. Pada saat itu pula, kemasan harus menggambarkan keistimewaan produk dan memikat konsumen agar melakukan pembelian. Kemudian, proses revolusi kemasan makanan terus bergeser hingga saat ini. Mulanya hanya sebagai pelindung, sekarang digunakan sebagai sarana marketing.

Saat ini kemasan digunakan sebagai pusat perhatian dan sarana komunikasi produk dengan konsumen. Oleh karena itu, banyak entrepreneur maupun perusahaan selalu melakukan inovasi secara berkala. Bahkan, packaging sekarang dimanfaatkan untuk media promosi paling efektif dan tepat sasaran. Tak hanya itu, inovasi kemasan yang berkesinambungan dapat menciptakan target pasar baru.

Pendeknya, wadah bermula dengan dedaunan dan berakhir dengan box kertas dengan ketebalan yang bermacam-macam. Selain itu, fungsi dari kemasan pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bahkan pengemas makanan saat ini memiliki bahan food grade yang sangat aman digunakan untuk mengemas makanan.

Revolusi bungkus makanan terus berjalan, kamu wajib mengikutinya karena hal tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran. Sangat disayangkan jika kamu tidak melakukan inovasi pada produk dan packaging bisnis. Akhir kata, jangan lupa tingkatkan penjualan dengan cetak kemasan yang menarik hanya di packaging.co.id.

Kami melayani pembuatan berbagai kemasan bisnis, misalnya: box catering,food pail, box burger, box kebab, pillow box, dus mukena, shopping bag, tas kertas oleh-oleh, paper bag hotel, box fragile, box corrugated, box kue, box nasi, dus catering, kantong kertas foodgrade, dus bakery, dus tahu bakso, box fried chicken, standing pouch, box take away, paper tray, wrapping paper, box corrugated, tas kertas kraft, paper bag butik, tas kertas polos dan masih banyak lagi.

Selanjutnya untuk konsultasi dan order, langsung deh chat via whatsapp kami: 081-6677-618 atau 0819-1402-7888. Jika kamu berada di jogja dan mau konsultasi langsung, bisa langsung ke alamat kami di Jl.  Imogiri Timur KM 7, No. 66, Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. 55194.

Comments (1)

  1. Pingback: Pusat Bikin Kemasan di Jogja - Pabrik Kemasan Indonesia, Kemasan UKM, Kemasan Makanan, Box, Dus, Box, Kantong Makanan, Tas Kertas, Paperbag dan Packaging

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required